Selasa, 10 April 2012

Tip Belajar Linux Bagi Pemula

     Di postingan kali ini, mariberbagi24 ingin berbagi Tip Belajar Linux Bagi Pemula.Tip ini mariberbagi24 tulis berdasarkan pengalaman salah satu teman mariberbagi24 yang hampir 5 tahun be belajar tentang Linux.Dari pengalaman beliau tersebut, mariberbagi24 mencoba menuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan tujuan untuk belajar tentang OS Linux ini.Langsung saja ya teman-teman:





Hal pertama yang harus di lakukan adalah menginstall Linux ke Hardisk.Kenapa..?Karena apabila teman-teman menggunakan Live CD biasa nya akan lemot.
Cukup gunakan Linux di mesin;Budayakan single boot hanya untuk Linux.Kenapa?Dengan hanya ada Linux di PC/Laptop teman-teman tidak akan lari dari masalah dan harus di hadapi masalah itu untuk menyelesai kan nya.
Trial dan Error itu baik;Ini adalah bagian penting dalam belajar Linux.Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan juga jangan takut untuk gagal.Jangan menyerah teruslah belajar.Karena dari Trial dan Error itulah teman-teman bisa semakin pintar.
Aktif dalam komunitas;Tidak ada orang yang bisa belajar Linux sendiri.Kalau ada yang ngomong dia belajar Linux secara otodidak it's Totally Nonsense.Kalau teman-teman mengalami kesulitan untuk belajar Linux,jangan sungkan untuk bertanya dengan komunitas nya.
Gunakan lah distribusi yang susah;Tip yang satu ini memang cukup radikal karena di mana-mana orang pasti menyuruh " gunakan Ubuntu,Mint,Mandriva atau apa saja yang mudah.Memulai distro yang mudah tidak akan berdampak banyak pada ilmu Linux teman-teman.Yang ada teman-teman terlena dan lupa untuk belajar.Cobalah distribusi yang memiliki tingkat kesulitan menengah ke atas,seperti Debian,CentOS,RedHat,Slackware.Sampai yang sulit seperti Gentoo,Arch Linux dan Free BSD ( Unix ).Memang sulit,ibarat kata orang masih belajar penambahan,teman-teman sudah bermain dengan perkalian.

     Bagaimana teman-teman..?Mariberbagi24 berharap postingan ini bisa bermanfaat.Satu hal yang perlu di ingat " Jangan pernah menyerah untuk belajar " mari berbagi...


          

2 komentar

sopyan nc 20 April 2012 pukul 11.31

wah saya baru banget menginstall ubuntu sob
pingin tahu penasaran :D

Unknown 22 April 2012 pukul 04.19

Sipp...

Posting Komentar