Senin, 24 Oktober 2011

Diktator-diktator Dunia yang Berakhir Tragis

     Mantan penguasa Libya,Muammar Khadafi,tewas di tangan kaum pemberontak.Setelah beberapa bulan melarikan diri,sejak benteng pertahanan nya runtuh.Ia di tangkap di sebuah gorong-gorong dalam kondisi bersimbah darah.
     Di seret dari gorong-gorong,ia kemudian di arak oleh kaum pemberontak yang tergabung dalam Dewan Transisi Nasional ( NTC ).Ditodong dengan pistol,di jambak rambut nya,dan beberapa saat kemudian nyawa nya pun melayang akibat luka tembok di kepala.
     Tidak sampai hanya di situ,mayat nya pun menjadi mainan kaum pemberontak, menjadi objek photo yang kemudian tersebar luas di dunia maya.Sungguh tragis nasib mantan pemimpin Libya ini.
Moammar Khadafi
     Kisah itu mungkin mengingatkan kita pada kematian tragis sejumlah diktator dunia lain nya.Berikut penggalan kisah nya.
Benito Mussolini
Benito Musolini
     Seiring kekalahan Jerman atas sekutu,diktator italia yang menganut faham fasisme ini melarikan diri ke swiss.namun, ia ditangkap di tengah perjalanan bersama wanita simpanan nya clara petacci,pada  tanggal 27 April 1945.Ia ditembak pada hari berikut nya.Jasad nya di bawa ke Milan dan di gantung terbalik di depan umum.Masyarakat menonton dengan sukacita,melempari dan meludahi nya.








Hitler
Adolf Hitler
     Saat tentara Rusia mulai menguasai Berlin,diktator jerman ini bersembunyi di bungker bersama belahan jiwa nya, Eva Braun,dan pemimpin NAZI lain nya.Di tengah kondisi tanpa harapan,ia di yakini menembak kepala nya sendiri dengan pistol 7,65 mm Walther PPK,pada 30 April 1945.
     Namun belakangan,kematian nya di tahun itu di ragukan oleh banyak pihak.Sejumlah penemuan menguatkan teori konspirasi bahwa ia di duga berhasil melarikan diri dan mati di usia tua.Ada yang mengatakan Hoitler mati di Argentina,Brazil,bahkan Indonesia.





Nicolae Ceausescu
Nicolae Ceausescu
     Bersama istri nya,mantan penguasa Rumania ini melarikan diri dengan helikopter setelah menembak mati Menteri Pertahanan Vasile Milea.Beberapa bulan kemudian,tepat nya Natal 1989,ia dan istri nya akhir nya di adili atas tuduhan penimbunan kekayaan secara ilegal dan genosida terhadap demonstran.Dalam kondisi tangan terikat mereka di vonis mati dengan tembakan AK-47 di kepala











Muhammad Najibullah

Muhammad Najibullah
     Perang saudara memaksa mantan Presiden Republik Komunis Demokratik Afganistan ini turun jabatan pada bulan April 1992.Sejak itu,ia yang pernah mengepalai dinas rahasia yang menyiksa dan membunuh puluhan ribu warfa Afganistan bersembunyi di dalam kantor PBB.
     Seiring jatuh nya ibukota Kabul pada tahun 1996,Taliban menyeret Najibullah dan saudara nya keluar dari  komplek kantor PBB.Mereka di siksa dan di bawa ke istana untuk di tembak.Mayat mereka lalu di seret dengan mobil dan di gantung selama 2 hari.





Saddam Hussein

     Setelah sempat hidup dalam pelarian selama 8 bulan,mantan penguasa irak itu tertangkap di sebuah gudang pertanian tak jauh dari kota kelahiran nya,Tikrit,pada tanggal 13 Desember 2003.Ia ditangkap hidup-hidup dan pengadilan menjatuhkan vonis atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan pada 5 November 2006>ia akhirnya meregang nyawa di tiang gantung pada tanggal 30 desember 2006











     Ada beberapa hal yang saya kagumi dari para pemimpin tersebut,Yang jelas kharisma mereka adalah salah satu hal dasar yang membuat mereka bisa untuk menjadi seorang pemimpin.

0 komentar

Posting Komentar